cover
Contact Name
Rusmin Abdul Rauf
Contact Email
tahdis@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6282344228117
Journal Mail Official
tahdis@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Gowa, Sulawesi Selatan Kampus II Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis
ISSN : 20867891     EISSN : 27162109     DOI : 10.24252/tahdis
Tahdis : Jurnal Kajian Ilmu Hadis adalah jurnal Prodi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Alauddin Makassar yang berisi artikel ilmiah dan hasil penelitian berkaitan tentang Hadis dan Ilmu Hadis.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2021): Tahdis Volume 12 Nomor 2 Tahun 2021" : 5 Documents clear
Relevansi dan Urgensi Aplikasi Metodologi Kritik Hadis Dalam Penelitian al-Sirah al-Nabawiyyah Firman Solihin
Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis Vol 12 No 2 (2021): Tahdis Volume 12 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/tahdis.v12i2.20175

Abstract

Kedudukan al-sīrah al-nabawiyah sangatlah penting, karena memotret sejarah Islam generasi awal (Nabi dan Sahabat), yang sejatinya menjadi wajah utama sejarah Islam secara keseluruhan. Tulisan ini bertujuan mengurai tentang al-sirah al-nabawiyyah, baik secara normatif maupun historis, dalam rangka mencari relevansi dan urgensi aplikasi metodologi kritik hadis dalam penelitiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Sumber datanya adalah kepustakaan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen. Data-data yang yang telah terkumpul kemudian dianalisis-kritis menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hadis dan sīrah pada dasarnya sama, baik secara linguistik maupun historis, hanya orientasinya yang berbeda; hadis sebagai piranti legislasi Islam (akidah dan syariat) sedangkan sīrah sebagai konstruksi sejarah Nabi Saw. Konstruksi sebagian besar riwayat al-sīrah al-nabawiyyah dalam sumber-sumber primernya tidak berbeda dengan hadis; diawali oleh mata rantai sanad. Sehingga, menerapkan metode kritik hadis dalam penelitian al-sīrah al-nabawiyyah bukan saja sesuai (relevan), melainkan sangat penting (urgen).
KRITIK TERHADAP PEMIKIRAN RASYID RIDHA TENTANG HADIS IMAM MAHDI Mutaqin Samsul Rizal; Purnama Faturohman Rizal
Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis Vol 12 No 2 (2021): Tahdis Volume 12 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/tahdis.v12i2.20761

Abstract

The discussion about Imam Mahdi its seem as endless among the scholars, both mutaqadimin and muta'akhirin ulama. Likewise among hadith researchers, there are always disagreements about the authenticity of Imam Mahdi's traditions. Among the scholars who reject the authenticity of Imam Mahdi's hadith is Rashid Rida, he said that the hadith about Imam Mahdi is contradictory, dhaif, and contain many israiliyat. This article aims to find out Rasyid Rida's views on the hadiths of al-Mahdi and how to answer this opinion. The research method that can facilitate this analysis is the Content Analysis method with a qualitative approach. Seeing Rasyid Rida's opinion regarding the hadith of al-Mahdi as stated in al-Manar's interpretation, then the sanad criticism was carried out consisting of Takhrij hadith, I'tibar, making a sanad scheme. There are two traditions from Ibn Majah's narrative commented on by Rasyid Ridha, with that comment in the sanad of the hadith there is rawi dha'if and considered tasyayu 'and there are narrators who are considered mudallis. This opinion of Rasyid Rida violates the ijma 'of the scholars who state that the hadiths of al-Mahdi are authentic and even reach the degree of meaningful mutual worry. The scholars have agreed that the hadiths of al-Mahdi are authentic and reach the degree of mutual concern, people who deny al-Mahdi are seen as Qur'aniyyun and deny Allah's uluhiyah.
KHALED M. ABOU EL FADL: Menuju Pembacaan Otoritatif Atas Hadis Nabi Melalui Hermeneutika Negosiatif Muhamad Abduh
Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis Vol 12 No 2 (2021): Tahdis Volume 12 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/tahdis.v12i2.21105

Abstract

ABSTRAK INDONESIAArtikel ini membahas tentang hermeneutika negosiasif dari pemikiran tokoh Islam kontemporer, Khaled M. Abou el Fadl. Inti dari analisis hermeneutika ini, terletak pada peran pengarang, teks, dan pembaca dalam menentukan makna. Di mana penentuan makna merupakan hasil proses negosiasi dari ketiga aspek tersebut secara berimbang tanpa adanya dominasi salah satu pihak, sehingga makna yang dihasilkan sesuai dengan apa yang dikehendaki dan tidak ada dominan atau otoritas dari penafsir/pembaca (reader). Melalui teori ini, Khaled mencoba mengkonstruksi idenya tentang otoritas dalam membaca teks. Khaled juga membatasi otoritarianisme pembacanya pada lima syarat, yaitu: kejujuran dalam memahami perintah Tuhan, ketekunan, kelengkapan, rasionalitas, menahan diri. Pemikiran ini hadir sebagai tanggapan atas kecemasan Khaled atas fatwa sewenang-wenang yang diajukan oleh Saudi Arabian CRLO (Council for Scientific Research and Legal Opinions), di mana mereka menggunakan hadis misoginis sebagai otoritas tertinggi untuk melegitimasi keabsahan fatwa mereka. Dari penelitian ini terlihat bahwa pola pikir Khaled tidak serta merta mengungkapkan hadits Nabi, namun yang paling menarik adalah upayanya untuk menentukan makna hadits melalui teori yang ia hasilkan yaitu melalui hermeneutika negosiatif.ABSTRAK INGGRISThis article discusses the negotiated hermeneutics from the ideas of contemporary Islamic thinker Khaled M. Abou el Fadl. The essence of the hermeneutic analysis of the idea lies in the role of the author (writer), text (text), and reader (reader) in determining meaning. The determination of the meaning of the results of the negotiation process from the three aspects in a balanced manner without any domination by either party. Through this theory, Abou el Fadl tries to construct his idea of the authority in reading the text. The concept of Islamic authority in its construction as a form to bridge God's will. Khaled limits the authoritarianism of readers to five conditions, namely: honesty in understanding God's commands, diligence, comprehensiveness, rationality, self-restraint. This idea came as a response to Khaled's anxiety over arbitrary fatwas put forward by the Saudi Arabian CRLO (Council for Scientific Research and Legal Opinions), in which they used misogynistic traditions as the highest authority to legitimacy the validity of their fatwa. From this study, it can be seen that Khaled's mindset is not necessarily revealing the Prophet's hadith, but what is most interesting is his attempt to determine the meaning of hadith through theory using negotiated hermeneutics.
STUDI QAWĀID AT-TAḤDĪṠ; ANALISA TENTANG PENILAIAN HADIS ḌAĪF DISEBABKAN ṢIGAH AT-TAMRĪḌ Muhammad Qomarullah
Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis Vol 12 No 2 (2021): Tahdis Volume 12 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/tahdis.v12i2.22840

Abstract

Abstract: This article is the rules for understanding the hadiths related to ṣīgah al-tamrīḍ. The problem that exists is about the fall in the quality of the hadith when the sanad and the hadith's mind use ṣīgah al-tamrīḍ in the hadith editorial. This is where the scholars differ due to different times, as the mutaqaddimin ulama never questioned the form of the sentence using ṣīgah al-tamrīḍ due to the habits of previous scholars of narrating hadith. However, medieval scholars such as as-Suyūṭī and Ibn Ḥajar have started to question the hadith which uses the sentence form ṣīgah al-tamrīḍ, but it is not so firm. Now, contemporary scholars such as al-Albānī have begun to see that this rule is important because the editorial team of the hadith uses the unclear form of ṣīgah al-tamrīḍ, so that ḍaīf can be indicated even though the Bukhārī hadith judged by ṣaḥīḥ scholars. Abstrak: Artikel ini merupakan kaidah-kaidah pemahaman hadis yang berkaitan dengan ṣīgah al-tamrīḍ. Adapun masalah yang ada yaitu tentang jatuhnya kualitas hadis ketika sanad dan matan hadis tersebut menggunakan ṣīgah al-tamrīḍ pada redaksi hadis. Disinilah para ulama berbeda pendapat disebabkan zaman yang berbeda sebagaimana ulama mutaqaddimin tidak mempermasalahkan bentuk kalimat yang menggunakan ṣīgah al-tamrīḍ disebabkan kebiasaan ulama terdahulu mereiwayatkan hadis. Tapi, ulama pertengahan seperti as-Suyūṭī dan Ibn Ḥajar mulai mempermasalahkan hadis yang menggunakan bentuk kalimat ṣīgah al-tamrīḍ, tapi belum begitu tegas. Nah, ulama kontemporer seperti al-Albānī mulai melihat bahwa kaidah ini penting karena redaksi hadis menggunakan bentuk ṣīgah al-tamrīḍ itu tidak jelas, sehingga dapat terindikasi ḍaīf walaupun hadis Bukhārī yang dinilai para ulama ṣaḥīḥ.
Jejak Penulisan Hadis di Mesir Abad ke 2-3 H (Kajian terhadap Kitab Musnad At- Thahawi) Lailiyatun Nafisah
Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis Vol 12 No 2 (2021): Tahdis Volume 12 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/tahdis.v12i2.23077

Abstract

                                                      AbstrakTulisan ini mengkaji tentang sejarah dari penulisan hadis di Mesir, mengingat daerah tersebut merupakan salah satu bagian Afrika Utara yang menjadi salah satu pusat kajian hadis, sehingga penting untuk mengkaji mengenai perkembangan hadis. Artikle ini termasuk dalam library research atau penelitian kepustakaan, melihat sumber- sumber utama berdasarkan kitab dari salah satu hasil ulama di Mesir, yaitu  Musnad At- Thahawi. Penulis menggunakan pendekatan historis- analisis untuk kemudian mengetahui berbagai peristiwa yang menjadi indikasi dari penyebaran hadis di Mesir. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasannya;pertama, Perkembangan penulisan hadis di Mesir berkaitan erat dengan sejarah perkembangan islam itu sendiri, termasuk periodesasi- periodesasi hadis. Kedua, Karya Imam ath- Thahawi  yang berjudul Musnad Imam At- Thahawi, merupakan wujud dari salah satu corak perkembangan hadis di abad ke 3 Hijriah, dimana system penulisan hadis salah satunya dalam bentuk musnad.Kata Kunci: Mesir; Hadis; Musnad at-Thahawi                                                             AbstractThis paper examines the history of hadith writing in Egypt, considering that the area is one of the parts of North Africa, one of the centers of hadith studies, so it is important to study the development of hadith. This article is included in library research, looking at the main sources based on books from one of the scholars in Egypt, namely Musnad At-Tahawi. The author uses a historical-analytic approach to find out the various events that are an indication of the spread of hadith in Egypt. The results of this study are; first, the development of hadith writing in Egypt is closely related to the history of the development of Islam itself, including the periodization of hadith. Second, the work of Imam ath-Tahawi, entitled Musnad Imam At-Tahawi, is a manifestation of one of the patterns of hadith development in the 3rd century Hijri, where the hadith writing system is one of them in the form of a Musnad.Keywords: Egypt; Hadith; Musnad at- Thahawi.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5